Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pukul 03.30 WIB. Setelah selesai penyembelihan, daging dipotong-potongĀ  lalu ditimbang dengan jumlah timbangan 3,5 kg. Selesai penimbangan, perwakilan dari setiap kelas mengambil daging tersebut. Terlebih dahulu siswa ditanya oleh Ibu Nurwidati untuk pendataan pengambilan daging. Parkir sepeda siswa digunakan untuk penyembelihan sekaligus pengambilan daging. Pengambilan daging diambil pada pukul setengan tujuh.

Bersamaan dengan adanya penyembelihan hewan kurban di SMPN 1 Godean, OSIS SMPN 1 Godean juga menyelenggarakan lomba memasak daging kurban yang akan dinilai oleh para juri. Acara masak daging kurban ini diikuti oleh seluruh warga SMPN 1 Godean. Setiap kelas harus menghidangkan satu menu makanan yang akan dinilai dan dimakan bersama untuk satu kelas. Mayoritas masakan yang dibuat oleh para siswa

adalah tongseng sapi, dikarenakan bumbu mudah didapat dan proses pemasakannya pun tidak memerlukan waktu yang lama.

latihan kurban smp negeri 1 godean

Pesta kelas merupakan salah satu acara yang paling dinanti oleh para siswa pada latihan kurban. Pesta kelas diadakan pukul 11.00 WIB, tepatnya setelah kegiatan masak-memasak. Acara pesta kelas diikuti oleh masing-masing kelas. Sesuai dengan namanya, pesta kelas ialah kegiatan makan bersama hasil masakan setiap kelas. Sebagai penarik perhatian juri, masing-masing kelas dihias dengan bermacam hiasan. Namun, penilaiannya diambil dari rasa masakan, tata hidang, dan kebersihan kelas. Penilaian pada kebersihan kelas dicakup sebelum dan sesudah acara berlangsung.

Setiap kelas didampingi oleh tiga pendamping yang terdiri dari wali kelas, guru, dan karyawan ataupun karyawati. Pembukaan acara pesta kelas dibuka oleh salah satu siswa di kelasnya masing-masing. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak/Ibu guru wali kelas dan ketua kelas. Fauzan, salah satu ketua kelas mengatakan bahwa ia berterima kasih atas kerjasama yang baik dari seluruh anggota kelas. Acara yang paling dinanti-nanti yaitu, makan bersama yang diawali dengan doa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing. Acara makan bersama menggunakan sistem prasmanan.

Kegiatan kurban diakhiri dengan membersihkan kelas masing-masing. Kebersihan kelas juga termasuk salah satu penilaian dalam lomba. Lomba kebersihan kelas bertujuan agar par siswa membersihkan kelas mereka agar nyaman untuk digunakan lagi ketika pembelajaran. Hadiah lomba pada kegiatan kurban ini akan diberikan pada Senin (11/9) atau tepatnya pada saat upacara bendera