Warga SMP Negeri 1 Godean menyelenggarakan pemilihan umum ketua OSIS (Pemilos) untuk periode 2017/2018. Pemilos yang diadakan pada  Rabu (20/9/17) berlangsung layaknya seperti pemilu. Panitia menyiapkan enam bilik di depan Ruang Tata Usaha.

Pemilos merupakan salah satu bentuk pembelajaran dengan prinsip demokrasi. Pemilos yang telah menjadi tradisi  setiap tahun di SMP Negeri 1 Godean, bertujuan untuk mengajarkan para siswa agar bersifat demokratis dan jujur.

Proses pemilihan ketua OSIS, PIK-R,  dan AGSA diawali dengan pendaftaran calon dari masing-masing kelas. Selanjutnya calon pengurus mengikuti seleksi melalui tes tertulis. Calon yang lolos seleksi diwajibkan untuk berorasi menyampaikan visi dan misi jika terpilih menjadi ketua OSIS. Orasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 12-16 September 2017 pada jam istirahat. Seluruh siswa berhak memilih

ketua osis yang sesuai dengan salah satu calon ketua OSIS, PIK-R, dan AGSA. Selain siswa, guru dan karyawan pun menggunakan haknya memiih calon ketua OSIS, PIK-R, dan AGSA.

pemilos smp negeri 1 godean 2017

pemilos smp negeri 1 godean 2017

Pemillos dilakukan dengan sistem pencoblosan. Pencoblosan tersebut dilaksakan secara bergilir dari kelas VIIA – IXD. Penghitungan suara dilaksanakan langsung setelah pencoblosan usai. Suara terbanyak untuk kursi ketua OSIS diraih oleh Faris Ahmad Husain VIIIA. Sedangkan untuk jabatan ketua AGSA peraih suara terbanyak Yando Muhammad Iqbal kelas VIIIC.  Wahyu Nugraha Raomi Gading kelas VIIIA peraih suara terbanyak ketua PIK-R.

Ketua OSIS yang terpilih diharapkan dapat melaksanakan visi misi yang telah dirancangnya. Visi misi tersebut diharapkan tidak hanya menjadi sebuah janji tetapi bukti nyata yang dilakukan agar SMP Negeri 1 Godean menjadi sekolah yang lebih baik. (tim)