BERITA

#BDRStory – Negsago Baik-Baik Saja: Guru Inovatif, Siswa pun Kreatif

Sejak dimulainya pembelajaran T/A 2020/2021, Senin (13/7/2020) hingga saat ini, instansi sekolah masih melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh atau yang biasa dikenal dengan istilah BDR (Belajar dari Rumah). Hingga kini, sekolah terus berusaha meningkatkan sarana dan prasarana guna menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh tersebut. Tim sarpras dan TI sekolah telah melakukan berbagai upaya, di antaranya penyediaan fasilitas youtube streaming dengan tiga titik akses, pengawasan tim kurikulum dan TI sekolah yang siap membantu para guru yang terkendala dengan alat-alat TIK, penyediaan jaringan yang terpantau, maupun penguasaan sistem e-learning yang baik. Tidak hanya itu, sekolah juga memberikan subsidi pulsa bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi.

BDR secara daring tentu membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Pembelajaran jarak jauh memiliki karakteristik keterpisahaan fisik antara pendidik dan peserta didik. Hal tersebut berdampak pada berkurangnya interaksi langsung antara pendidik dan peserta didik. Oleh karena itu, tidak dipungkiri apabila masalah tersebut memberikan tantangan tersendiri baik bagi peserta didik, orang tua, pendidik, maupun pihak yang terlibat dalam proses pendidikan.

Dampak positif BDR bagi pendidik antara lain adalah keharusan untuk meningkatkan kreativitas dalam menyampaikan materi pembelajaran secara jelas dan lengkap juga inovasi dalam menggunakan strategi maupun media pembelajaran yang cocok. Penggunaan aplikasi penunjang pembelajaran, seperti google classroom, google formgoogle meet, zoom, youtube live streaming, dan lain-lain memaksa para pendidik untuk terus inovatif dalam melaksanakan pembelajaran yang aktif dan asyik. Tentunya, peserta didik pun dituntut untuk lebih aktif, disiplin, mandiri, dan penuh rasa ingin tahu.

Semua berharap mutu pendidikan dan prestasi sekolah dapat terus meningkat dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Para pendidik dan peserta didik pun selalu berdoa agar pandemi korona virus segera berakhir sehingga dapat bertatap muka langsung belajar di sekolah tercinta.

About the author

rismaerniyati erniyati

Add Comment

Click here to post a comment