PRESTASI

Negsago Wakili Pertandingan Regional Round Ruangguru Champion Season 2 Tingkat Nasional

Negsago mengikuti Pertandingan Regional Round Ruangguru Champion Season 2 (Sabtu/12/9). Pertandingan tersebut diikuti oleh 60 SMP dari seluruh Indonesia yang kemudian dibagi menjadi 15 grup. Satu grup terdiri atas empat perwakilan SMP yang akan bertanding untuk memperebutkan tiket national round. Rifda Noer Adila (IX D) adalah salah satu siswa berprestasi Negsago yang berhasil mendapatkan tiket national round dan akan maju ke tingkat nasional.

Pertandingan pertama dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi Zoom. Pada tingkat regional  terbagi atas dua babak, pertama yaitu babak cepat tepat, peserta lomba harus menjawab 10 soal yang dibacakan oleh host dengan rentang waktu 10-20 detik, jawaban ditulis di kertas hvs menggunakan spidol kemudian ditunjukkan ke kamera.

Selanjutnya, pada babak kedua, yaitu babak rebutan, bel yang digunakan menggunakan web buzzin.live. Pada babak ini peserta dituntut untuk fokus tingkat tinggi dan cepat dalam menjawab 20 soal yang ada. Jika jawaban salah, maka peserta tidak boleh menjawab lagi. Selain itu, tiap soal juga memiliki batasan waktu, yaitu 20 detik.

Materi yang dilombakan pada tingkat SMP meliputi Matematika, Geografi, Pengetahuan Umum, Biologi, Sejarah, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa inggris.  Rifda menyampaikan bahwa materi disampaikan H-2 pertandingan dimulai. Tentu hal itu membuatnya cemas dan merasa was-was.

Namun, dengan bimbingan bapak dan ibu guru, ia merasa  sengat terbantu dalam mempersiapkan diri menghadapi pertandingan tersebut. Para pembimbing begitu sabar dan siap membantu kapanpun Rifda mengalami kesulitan memahami materi pertandingan. Ia juga menambahkan bahwa semangat dan motivasi dari para guru membuatnya semakin semangat menghadapi pertandingan.

Dari pengakuan Rifda, awalnya ia tidak begitu tertarik mengikuti lomba tersebut. Namun, ia ditunjuk oleh sekolah sehingga ia berusaha untuk menjaga amanah dan bermaksud menggunakan kesempatan tersebut untuk menambah pengalaman baru.

Dari pengalamannya tersebut, ia sangat bersyukur. Ia merasa bahwa mengikuti sebuah pertandingan bukanlah hal sia-sia. “Aku tidak boleh cepat puas dengan apa yang telah aku capai. Apa yang aku lakukan saat ini merupakan salah satu caraku mengapresiasi diri. Tentunya, doa dan semangat dari orang tua, guru, dan teman-teman sangat penting. Aku juga tidak boleh sombong dengan pencapaianku sekarang. ” tutur Rifda.

Ia juga menyampaikan pesan untuk teman-temannya bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan kita selalu memiliki kesempatan untuk berprestasi. Jadi, tunjukkan dan asah bakatmu, raihlah kesuksesan.

Selamat untuk Rifda Noer Adila, Bapak-Ibu guru dan teman-teman sangat bangga atas prestasimu. Kami semua mendoakan yang terbaik untukmu. Semangat menempuh pertandingan selanjutnya, tunjukkan kemampuanmu, semoga menjadi juara di tingkat nasional. Aamiin.

Galilah bakatmu, tingkatkan prestasimu. Gunakan kesempatan, raihlah kesuksesan.”

SALAM SEMANGAT BERPRESTASI!

About the author

rismaerniyati erniyati

Add Comment

Click here to post a comment