PRESTASI

Juara 1 LCCM Kabupaten Sleman, SMPN 1 Godean Bersiap Final di LCCM Provinsi DIY

SMPN 1 Godean berhasil menyingkirkan 49 peserta dan mengukir kemenangan dalam Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Kabupaten Sleman 2021 sebagai juara 1. Kompetisi tahunan ini merupakan salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Sleman dan Barahmus DIY bekerja sama dengan MGMP IPS Kabupaten Sleman.

Ayska – Tian – Lia

LCCM Kabupaten Sleman dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Babak penyisihan yang diikuti oleh 50 SMP se-Kabupaten Sleman diselenggarakan pada tanggal 26-30 April 2021. Dalam kondisi pandemi covid-19 yang belum usai, babak penyisihan dilaksanakan secara tertulis (paper based test). Tim pengawas LCCM mendatangi satu persatu sekolah peserta lomba. Sekolah peserta lomba menunjuk 3 peserta didik untuk mengerjakan soal babak penyisihan di sekolah masing-masing. Babak penyisihan ini menghasilkan 9 kandidat yang lolos menuju babak semifinal.

Babak semifinal diselenggarakan di Museum Gunungapi Merapi Hargobinangun Pakem pada tanggal 20 Mei 2021. Pada babak semifinal ini dibagi menjadi 3 sesi. Sesi 1 dimenangkan oleh SMPN 1 Godean yang berhasil mengalahkan SMPN 2 Sleman dan SMPN 1 Gamping. Sesi 2 dimenangkan oleh SMPN 4 Pakem, dan sesi 3 dimenangkan oleh SMPN 3 Depok. Ketiga peserta yang lolos di babak semifinal bertanding kembali di babak final pada tanggal 21 Mei 2021.

Masih di tempat yang sama, Museum Gunungapi Merapi Hargobinangun Pakem, babak final LCCM Kabupaten Sleman berlangsung menegangkan. Pada babak pertanyaan wajib, ketiga peserta mendapatkan skor yang sama. Namun, pada babak lemparan dan rebutan, SMPN 1 Godean yang diwakili oleh Ayska Izzati Aminova (VIII A), Tyaga Titian Pangestu (VIII A), dan Latifa Aulia Rahma (VII A) memimpin perolehan skor sehingga SMPN 1 Godean dinobatkan menjadi juara 1 LCCM Kabupaten Sleman. Dengan demikian, SMPN 1 Godean berhak mewakili Kabupaten Sleman dalam LCCM Provinsi DIY yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2021 mendatang.

About the author

Vladina Nur Widalatika, S.Pd.

Add Comment

Click here to post a comment