BERITA

PPDB SMP TAHUN 2021 KABUPATEN SLEMAN

Berdasarkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Peraturan Bupati Sleman Nomor 7.3 Tahun 2019 dan Nomor 17.1 Tahun 2021, serta Perkadisdik Nomor 03 Tahun 2021. Pelaksanaan  PPDB SMP tahun 2021 di Kabupaten Sleman akan diselenggarakan pada bulan Mei sampai Juni tahun 2021. PPDB dilaksanakan secara luring dan daring dengan daya tampung 32 siswa per rombel/ kelas.

Syarat pendaftaran umum:

    1. Lulus SD/MI/ Paket A
    2. Usia maksimal 15 tahun, kecuali ABK dan afirmasi

Terdapat empat jalur pendaftaran, yaitu; zonasi, afirmasi, pindah tugas/ anak guru, dan prestasi. Pendaftaran jalur zonasi  terbagi menjadi dua, yaitu zonasi radius dan wilayah. Jalur afirmasi terbagi menjadi dua, yaitu KK miskin dan disabilitas. Selanjutnya adalah pindah tugas/ anak guru, lalu yang terakhir adalah jalur prestasi dengan pembagian 25% KK Sleman dan 5% KK Luar.

 

 

Pada jalur prestasi, peserta memiliki jumlah nilai gabungan dan prestasi minimal 245. Nilai prestasi tidak wajib dan penambahan nilai tanggal 2 sampai 10 Juni. Peserta bisa merupakan penduduk Sleman atau penduduk luar Sleman. Pengajuan jalur prestasi bisa melalui pendaftaran secara online.

Tata cara pendaftaran zonasi wilayah radius SMP Negeri, yang pertama pada tanggal 17 sampai 23 Juni peserta mengisi formulir online sampai lengkap, selanjutnya pada tanggal 19 sampai 23 Juni peserta mengumpulkan dokumen berupa Akun, KK, Akta, SKL, SKHB, dan ASPD. Pada rentan tanggal tersebut terdapat verifikasi berkas oleh panitia SMP dan penentuan titik koordinat oleh panitia SMP. Tanggal 22 sampai 24 Juni secara online, peserta diminta untuk memilih maksimal 3 SMP Negeri dengan pengubahan sebanyak satu kali (apabila peserta menghendaki adanya pengubahan pilihan SMP Negeri). Pada akhirnya, tanggal 25-26 Juni peserta bisa memperoleh hasil dan mendaftar ulang.

Link Terkait :

Berikut merupakan ketentuan dan alur dalam pelaksanaan  PPDB SMP tahun 2021 di Kabupaten Sleman yang  diselenggarakan pada tanggal  17 Juni hingga 24 Juni tahun 2021.