PRESTASI

Meski bukan yang Pertama, Jiwa Pemenang selalu Bergelora

Keberhasilan pada Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Kabupaten Sleman, mengantarkan SMPN 1 Godean berlaga di tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. SMPN 1 Godean mewakili Kabupaten Sleman bersaing dengan 4 sekolah lain dari kabupaten/kota di DIY. Peserta lomba LCCM DIY terdiri dari SMPN 1 Godean (Kabupaten Sleman), SMPN 1 Pengasih (Kabupaten Kulon Progo), SMPN 1 Semin (Kabupaten Gunungkidul), SMPN 3 Yogyakarta (Kota Yogyakarta), dan SMPN 1 Banguntapan (Kabupaten Bantul).

 

LCCM Provinsi DIY dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2021. Sebelumnya, SMPN 1 Godean mengikuti pembekalan pada tanggal 14-16 Juni 2021 di Museum Pendidikan Indonesia, UNY. Materi yang didapat saat pembekalan berkaitan dengan sejarah, kebudayaan, dan museum. Kegiatan ini didukung penuh oleh tim penyelenggara LCCM Kabupaten Sleman.

 

Kondisi pandemi covid-19 tidak menghalangi semangat anak-anak untuk bersaing dan memenangkan lomba. Anak-anak yang membawa nama Kabupaten Sleman ke kancah LCCM DIY adalah Ayska Izzati Aminova, Tyaga Titian Pangestu, Latifa Aulia Rahma, dan Aliya Najib sebagai peserta cadangan. Ibu Sri Mulyani, S.Pd. sebagai koordinator pembimbing LCCM, didampingi oleh Ibu Puji Lestari, S. Pd., dan Ibu Vladina Nur Widalatika, S. Pd., memberikan latihan menjawab soal dengan cepat dan tepat, pendalaman materi, trik menjawab soal, tips membangun kepercayaan diri dalam yel-yel dan berkompetisi.

 

LCCM ini bukan merupakan kali pertama SMPN 1 Godean ikut berlaga, tahun sebelumnya, SMPN 1 Godean juga ikut berpartisipasi dalam LCCM Provinsi DIY dan meraih juara Harapan II. Di tahun ini, SMPN 1 Godean berhasil menaikkan peringkat menjadi juara III. Meskipun bukan yang pertama, namun jiwa pemenang selalu bergelora.

 

“Tentu senang sekali, Bu, bisa meningkatkan prestasi dari tahun sebelumnya dan tetap bisa berprestasi walaupun di masa pandemi, “ kata Ayska, salah satu peserta lomba LCCM DIY, dengan penuh haru dan bangga. Ia menambahkan bahwa dengan mengikuti LCCM ini dapat menambah wawasan tentang kebudayaan dan sejarah. Selain itu juga dapat mengasah otak, melatih daya ingat dan menumbuhkan kepercayaan diri.

 

Menang itu penting, tapi memiliki jiwa pemenang jauh lebih penting.

Keep going on…

 

About the author

Vladina Nur Widalatika, S.Pd.

2 Comments

Click here to post a comment