POJOK BK

KIAT-KIAT DALAM MENUNTUT ILMU

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan optimal dalam menuntut ilmu, perlu adanya strategi-strategi dalam menjalankannya. Terkadang ada saja hambatan yang dialami peserta didik ketika menuntut ilmu baik dari dalam diri maupun dari luar diri peserta didik. Hambatan-hambatan yang dialami biasanya berupa rasa malas, bosan, lebih menarik bermain game online, berselancar di sosial media, bermain dengan teman, kesulitan memahami materi pelajaran, materi yang banyak, kesulitan membagi waktu untuk belajar, kurangnya dukungan, dll.

Untuk mengatasi dan mengurangi pengaruh hambatan-hambatan diatas maka sebagai seorang pelajar perlu memiliki kiat-kiat atau strategi dalam menuntut ilmu.

Kiat-kiat apa sajakah yang perlu peserta didik miliki ketika menuntut ilmu?

  1. Yakin
    Tanamkanlah dan landasilah diri dengan keyakinan yang kuat dalam menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu. Keyakinan yang kuat akan membentuk pribadi yang tidak mudah goyah dan terganggu dalam menuntut ilmu.
  2. Ikhlas
    Lakukanlah kegiatan menuntut ilmu dengan perasaan ikhlas apapun yang terjadi. Keikhlasan dalam menuntut ilmu menjadikan diri tidak mudah mengeluh. Hambatan-hambatan dalam menuntut ilmu akan dengan mudah dihilangkan.
  3. Sikap
    Bangunlah sikap positif pada diri sendiri dimana menuntut ilmu merupakan sebuah kebutuhan pokok sebagai seorang peserta didik. Tujuan utama sebagai peserta didik adalah menuntut ilmu. Ilmu tidak hanya didapatkan dari dalam kelas saja, tetapi menuntut ilmu juga bisa dilakukan diluar kelas.
  4. Semangat
    Dalam menuntut ilmu sangat membutuhkan semangat. Semangat akan menjadikan diri peserta didik menjadi pribadi yang tidak mudah putus asa dan tidak mudah menyerah walaupun mengalami kegagalan berulang-ulang. Semangat itu perlu dibangun setiap hari.
  5. Konsisten
    Dalam menuntut ilmu sangat diperlukan untuk selalu konsisten supaya tidak berhenti ditengah jalan.

Kiat-kiat dalam menuntut ilmu diatas jika ditanamkan pada diri dengan penuh kemantapan maka hambatan-hambatan yang dialami tidak akan mudah mengganggu. Memang tidak mudah untuk dilakukan tetapi harus yakin bahwa sebagai peserta didik bisa menjalankannya.

About the author

Nisfu Lailatul Fitri

Add Comment

Click here to post a comment