POJOK BK

Mari Mengenal BK Lebih Dekat

BK merupakan sebutan populer untuk Bimbingan dan Konseling. Apa sebenarnya Bimbingan dan Konseling itu?Mari kita mengenal apa yang dimaksud dengan Bimbingan dan Konseling.

Bimbingan dan Konseling merupakan upaya pemberian bantuan yang sistematis, objektif, logis, berkelanjutan dan terprogram dilakukan oleh Guru BK (Konselor) kepada Peserta Didik (Konseli) baik secara individu maupun kelompok untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik dalam mewujudkan kemandirian, mengambil keputusan, merealisasikan diri, memahami, menerima dan mengarahkan diri secara bertanggung jawab guna mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dirinya.

Bimbingan dan Konseling memiliki tujuan dalam membantu peserta didik agar mampu dalam :

a. Memahami dan menerima diri dan lingkungannya

b. Merencanakan kegiatan penyelesaian diri, perkembangan karir, dan kehidupan dimasa yang akan datang

c. Mengembangkan potensi diri secara optimal

d. Menyesuaikan diri dengan lingkungannya

e. Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam kehidupannya

f. Mengaktualiasikan diri secara bertanggung jawab

Selain itu BK juga menerapkan layanan-layanan  yang akan dilakukan oleh Guru BK di sekolah. Layanan BK disekolah akan menyelenggarakan 4 layanan yang meliputi; Layanan Dasar, Layanan Peminatan dan Perencanaan Individula, Layanan Responsif, dan Dukungan Sistem. Layanan BK ini akan mendukung dan membantu peserta didik dalam mencapai kematangan dan kemandirian dirinya serta menjalankan tugas-tugas perkembangan diri. Dalam pemberian bantuan kepada peserta didik, dapat dilakukan dengan konsultasi, media BK, BK masuk kelas, konseling pribadi, konseling kelompok, bimbingan individu maupun kelompok.

BK di sekolah pada dasarnya memberikan fasilitas kepada peserta didik dalam perkembangan diri pribadi, sosial, belajar, dan karir. Perkembangan itu merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan dari diri peserta didik. Setiap perkembangan dalam diri peserta didik akan mendapatkan layanan tersendiri. Uraian tindakan BK dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik adalah sebagai berikut:

a. Bimbingan dan Konseling Pribadi merupakan proses pemberian bantuan dari guru BK kepada peserta didik untuk memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, dan merealisasikan keputusan secara bertanggung jawab mengenai aspek pribadinya sehingga mampu mencapai perkembangan diri secara optimal.

b. Bimbingan dan Konseling Sosial merupakan suatu proses pemberian bantuan dari guru BK kepada peserta didik untuk memahami lingkungannya dan dapat melakukan interaksi sosial secara positif dan terampil, mampu mengatasi masalah-masalah sosial serta menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan sosialnya.

c. Bimbingan dan Konseling Belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan dari guru BK kepada peserta didik untuk mengenali potesi diri dalam belajar, memiliki sikap dan ketrampilan belajar, terampil merencanakan pendidikan, kesiapan menghadapi ujian, dan mencapai hasil belajar secara maksimal sehingga dapat mencapai kesuksesan dan keberhasilan.

d. Bimbingan dan Konseling Karir merupakan proses pemberian bantuan dari guru BK kepada peserta didik untuk tumbuh, berkembang, bereksplorasi, mengungkapkan aspirasi dan pengambilan keputisan karir sepanjang rentang hidupnya berdasarkan potensi diri dan kesempatan yang tersedia.

Dalam menyelenggarakan bimbingan dan konseling, guru BK tidak sembarangan dalam melakukan penanganan dan pemberian bantuan kepada peserta didik. Guru BK memiliki kode etik dan asas-asas yang harus dijalankan dan dipatuhi supaya peserta didik mendapatkan layanan BK dengan maksimal.

About the author

Nisfu Lailatul Fitri

1 Comment

Click here to post a comment