BERITA

RANCANG BANGUN PENDETEKSI SIM DAN STNK BERBASIS INTERNET CERDAS MENGANTARKAN LIA MENJADI JUARA 1 LOMBA PELAJAR PELOPOR LALU LINTAS DISHUB DIY 2021

Latifa Aulia Rahma, yang kerap disapa Lia, merupakan siswi berprestasi di SMPN 1 Godean. Pada ajang perlombaan Pelajar Pelopor Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DIY, Lia berhasil meraih Juara 1 melalui karya tulis ilmiah dan produk berupa rancang bangun pendeteksi SIM dan STNK berbasis internet cerdas. Lia berhasil mengalahkan 19 peserta lain dari Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta, yang masing-masing kabupaten/kota diwakili oleh 4 sekolah.

Masih dalam situasi pandemi covid-19, Lomba Pelajar Pelopor Lalu Lintas Dishub DIY dilaksanakan melalui sistem daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pembekalan lomba yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2021 dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting. Instansi yang turut hadir dalam acara pembekalan tersebut adalah Ditlantas POLDA DIY, Dishub DIY, dan Disdikpora DIY.

Peserta Lomba Pelajar Pelopor Lalu Lintas Dishub DIY dituntut untuk membuat karya tulis ilmiah dan mempresentasikannya di depan juri pada saat pelaksanaan lomba. Pengumpulan karya tulis ilmiah dikirimkan melalui email Dishub DIY lima hari sebelum pelaksanaan lomba. Lomba Pelajar Pelopor Lalu Lintas Dishub DIY dilaksanakan pada tanggal 15 September 2021 di Dishub DIY. Dalam rangka mencegah terjadinya kerumunan pada masa pandemi covid-19 saat ini, peserta lomba dibatasi 20 menit untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya, dan hanya hadir sesuai urutan jadwal. Pemenang lomba diumumkan melalui zoom meeting pada sore harinya.

Juara 1 Lomba Pelajar Pelopor Lalu Lintas Dishub DIY diraih oleh Latifa Aulia Rahma (SMPN 1 Godean) dengan skor 85,54. Juara 2 diraih oleh Diva Laksita (SMPN 1 Bantul) dengan skor 82,33. Juara 3 diraih oleh Ava Ayu (SMPN 1 Mlati) dengan skor 81,82. Juara Harapan 1 diraih oleh Alifah Hasna (SMPN 6 Yogyakarta) dengan skor 80,79. Juara Harapan 2 diraih oleh Fica Nadya (SMPN 2 Girimulyo) dengan skor 80,78.

Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada tanggal 17 September 2021 yang bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional. Pemenang Lomba Pelajar Pelopor Lalu Lintas Dishub DIY mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA dikumpulkan di parkir Bandara Internasional Adisucipto untuk bersama-sama naik bus wisata menuju Taman Wisata Kaliurang sebagai tempat penyerahan hadiah lomba.

Pelajar merupakan salah satu tonggak teraturnya lalu lintas di Indonesia. Di mulai dari pelajar sebagai pengendara jalan termuda dan terbanyak, menjadi sumber kekuatan keselamatan lalu lintas. Pelajar yang mawas diri terhadap keselamatan lalu lintas, kalianlah orangnya!

About the author

Vladina Nur Widalatika, S.Pd.

Add Comment

Click here to post a comment